Minggu, 08 Mei 2011


MANIFESTO  PERJUANGAN   PARTAI  GERAKAN  INDONESIA  RAYA  
  
  


Mukadimah...............................................................................3
Jati Diri Partai GERINDRA......................................................6
Visi dan Misi Partai GERINDRA.............................................7
Prinsip Dasar Partai GERINDRA.............................................8
 1. Prinsip Disiplin.................................................................8
2. Prinsip Kedaulatan............................................................8
3. Prinsip Kemandirian.........................................................9
4. Prinsip Persamaan Hak.....................................................9
5. Prinsip Kerjasama dan Gotong Royong............................9
6. Prinsip Musyawarah........................................................10
Pokok-pokok Perjuangan Partai GERINDRA........................10

1. Bidang Politik.................................................................11
2. Bidang Ekonomi.............................................................14
3. Bidang Kesejahteraan Rakyat.........................................21
4. Bidang Pertanian, Perikanan dan Kelautan.....................24
5. Bidang LIngkungan Hidup dan Kehutanan....................26
6. Bidang Sosial, Budaya, dan Pendidikan.........................29
7. Bidang Hukum................................................................32
8. Bidang Hak Asasi Manusia.............................................34
9. Bidang Pertahanan dan Keamanan.................................36
10. Bidang Otonomi Daerah...............................................38
11. Bidang Agama..............................................................40
12. Bidang Politik Luar Negeri dan Hubungan Internasional...41
13. Bidang Hak-Hak Perempuan........................................44
14. Bidang Pemuda.............................................................45
15. Bidang Perburuhan........................................................47
16. Bidang Riset dan Teknologi..........................................48
Penutup...........................................................................50

Mukadimah
  
Bahwa  cita‐cita  luhur  untuk  membangun  dan  mewujudkan  tatanan  masyarakat  Indonesia  yang  merdeka,  berdaulat,  bersatu,  demokratis,  adil  dan  makmur  serta  beradab  dan  berketuhanan  yang  berlandaskan  Pancasila,  sebagaimana  termaktub  di  dalam  Pembukaan  Undang‐Undang  Dasar  (UUD)  1945,  merupakan  tujuan  bersama  dari  seluruh  rakyat  Indonesia.  
  
Cita‐cita  kemerdekaan  tersebut  hanya  dapat  dicapai  dengan  mempertahankan  persatuan  dan  kesatuan  bangsa,  serta  membangun  segala  kehidupan  secara  seimbang  lahir  dan  batin  dengan  landasan  Pancasila.  
  
Selanjutnya  kehidupan  bangsa  yang  lebih  maju,  modern,  dan  mandiri  menuntut  pembaruan  terus‐menerus  melalui  usaha‐usaha  yang  disesuaikan  dengan  kemajuan  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi,  serta  tuntutan  zaman  dengan  tetap  memelihara  nilai‐nilai  luhur  dan  kepribadian  bangsa  Indonesia.  
  
Dalam  menghadapi  perkembangan  zaman  dan  globalisasi,  identitas  dan  jatidiri  bangsa  tetap  menjadi  fondasi  utama  untuk  memperjuangkan  kepentingan  nasional  dan  tatanan  baru.  Terjadinya  penyelewengan  terhadap  cita‐cita  Proklamasi  17  Agustus  1945  dan  UUD  1945  di  berbagai  bidang  perlu  dikoreksi.  Haluan  baru  dan  tatanan  baru  bagi  kehidupan  bangsa  dan  Negara  Republik  Indonesia  harus  dilandaskan  pada  kemurnian  pelaksanaan  ancasila  dan  UUD  1945.  Hakikat  tatanan  baru  adalah  sikap  mental  yang  menuntut  pembaharuan  dan  pembangunan  yang  terus‐menerus  dalam  rangka  melaksanakan  Pancasila  dan  UUD  1945.   
  
Sejak  Proklamasi  kemerdekaan,  bangsa  Indonesia  masih  bergulat  memerangi  kemiskinan  dan  kemelaratan  serta  berjuang  untuk  tegaknya  keadilan.  Sistem  politik  dan  ekonomi  tidak  mampu  menutup  kesenjangan  antara  kaum  miskin  dan  kaum  kaya,  yang  akhirnya  menciptakan  jurang  ketidakadilan.  Ketika  kondisi  mayoritas  rakyat  berkubang  dalam  penderitaan,  sistem  politik  kita  tak  kunjung  mampu  merumuskan  dan  melaksanakan  kebijakan  politik,  sosial,  dan  ekonomi  untuk  mengangkat  harkat  dan  martabat  rakyat  Indonesia.  Sistem  politik  kita  tidak  mampu  membangun  kepemimpinan  nasional  yang  kuat,  yang  dapat  mengantarkan  rakyat  Indonesia  ke  gerbang  kemakmuran  yang  berkeadilan.  
  
Pada  sisi  lain,  sejak  era  reformasi,  sistem  perekonomian  kita  semakin  liberal  dan  kapitalistik.  Sistem  ekonomi  kerakyatan  yang  diletakkan  dasarnya  oleh  para  pendiri  bangsa  melalui  Pasal  33  UUD  1945  semakin  ditinggalkan.  Kondisi  ini  telah  menyebabkan  kehidupan  rakyat  pada  umumnyajauh  dari  kesejahteraan.  Kekayaan  alam  menjadi  lahan  pertarungan  perebutan  pengaruh  diantara  kekuatan‐kekuatan  politik  dan  kekuatan  asing,  tidak  untuk  sebesar‐besar  kemakmuran  rakyat.  Jumlah  kemiskinan  dan  pengangguran  tetap  menjadi  masalah  utama.  Karena  itu,  tidak  ada  pilihan  lain,  kita  harus  mewujudkan  kemandirian  bangsa  dengan  membangun  sistem  ekonomi  kerakyatan.  
Budaya  bangsa  harus  menjadi  jati  diri  dan  kekuatan  bersama.  Wawasan  kebangsaan  mempererat  persatuan  dan  kesatuan  manusia  Indonesia.  Perbedaan  di  antara  kita  tidaklah  menjadi  sebab  untuk  terpecah  belah,  tetapi  hendaknya  menjadi  rahmat  dan  kekuatan  bangsa  Indonesia.   
  
Partai  Gerakan  Indonesia  Raya  (GERINDRA)  hadir  di  tengah  masyarakat  karena  terpanggil  untuk  memberikan  amal  baktinya  kepada  Negara  dan  rakyat  Indonesia.  Partai  GERINDRA  adalah  partai  rakyat  yang  berjuang  untuk  tegaknya  Pancasila,  UUD  1945  sebagaimana  ditetapkan  pada  18  Agustus  1945,  dan  utuhnya  Negara  Kesatuan  Republik   Indonesia.  Partai  GERINDRA  adalah  partai  rakyat  yang  mendambakan  Indonesia  yang  bangun  jiwanya,  dan  bangun  badannya.  Partai  GERINDRA  adalah  partai  rakyat  yang  bertekad  memperjuangkan  kemakmuran   dan  keadilan  disegala  bidang.  
  
Partai  GERINDRA  menyatakan  diri  tampil  di  pentas  demokrasi  untuk  perubahan  kepemimpinan  nasional,  dan  perubahan  tata  laksana  penyelenggaraan  Negara.  Partai  GERINDRA  mendukung  segala  upaya  untuk  pembangunan  bangsa  (nation  building)  dan  karakter  manusia  Indonesia.  Partai  GERINDRA  bertekad  memerdekakan  rakyat  Indonesia  dari  penjajahan  ekonomi  dan  politik  yang  membelenggu  dan  merampas  kehoratan  manusia  Indonesia.  Partai  GERINDRA  menjunjung  tinggi  kebebasan  intelektual  sebagai  amanah  Pancasila  dan  UUD  1945.  Partai  GERINDRA  memposisikan  diri  sebagai  partai  gerakan  yang  mandiri,  produktif,  dan  berpijak  pada  kearifan  lokal,  dalam  upaya  menciptakan  masyarakat  adil,  makmur,  dan  sejahtera.  Sebagai  gerakan,  Partai  GERINDRA  senantiasa  berjuang  bersama  rakyat  serta  menjadikan  kekuatan  rakyat  sebagai  kekuatan  utama  dalam  membangun  bansa  dan  masyarakat  Indonesia.   
  
Jati Diri Partai GERINDRA
  
Dalam  perjuangan  tersebut,  Partai  GERINDRA  berpijak  dan  berpegang  teguh  pada  landasan  kedaulatan  dan  tetap  tegaknya  Negara  Kesatuan  Republik  Indonesia  yag  berdasarkan  Pancasila  dan  Undang‐Undang  Dasar  1945.  Adapun  jati  diri  Partai  GERINDRA  adalah  :  
  

1. Kebangsaan  (nasionalisme),  Partai  GERINDRA  adalah  partai  yang  berwawasan  kebangsaan  yang  berpegang  teguh  pada  karakter  nasionalisme  yang  kuat,  tangguh,  dan  mandiri.  Wawasan  kebangsaan  ini  menjadi  jiwa  dalam  segala  aspek  kehidupan  berbangsa,  baik  kehidupan  politik,  ekonomi,  sosial,  budaya  maupun  keagamaan.  

  

2. Kerakyatan,  Partai  GERINDRA  adalah  partai  yang  dibentuk  dari,  oleh,  dan  untuk  rakyat  sebagai  pemilik  kedaulatan  yang  sah  atas  Republik  Indonesia.  Keberpihakan  pada  kepentingan  rakyat  merupakan  sebuah  keniscayaan.  

  

3. Religius,  Partai  GERINDRA  adalah  partai  yang  memegang  teguh  nilai‐nilai  Ketuhanan  Yang  Maha  Esa  dengan  kebebasan  menjalankan  agama  dan  kepercayaan  masing‐masing.  Nilai‐nilai  religius  senantiasa  menjadi  landasan  bagi  setiap  jajaran  pengurus,  anggota,  dan  kader  Partai  GERINDRA  dalam  bersikap  dan  bertindak.  

  

4. Keadilan  Sosial,  Partai  GERINDRA  adalah  partai  yang  mencita‐citakan  suatu  tatanan  masyarakat  yang  berkeadilan  sosial,  yakni  masyarakat  yang  adil  secara  ekonomi,  politik,  hukum,  pendidikan,  dan  kesetaraan  gender.  Keadilan  sosial  harus  didasari  atas  persamaan hak,  pemerataan,  dan  penghargaan  terhadap  hak  asasi  manusia.  
  
Visi dan Misi Partai GERINDRA
  
Keberadaan  Partai  GERINDRA  dalam  pentas  politik  nasional  memiliki  visi  “menjadi  partai  politik  yang  mampu  menciptakan  kesejahteraan  rakyat,  keadilan  sosial,  dan  tatanan  politik  negara  yang  melandaskan  diri  pada  nilai‐nilai  nasionalisme  dan  religiusitas  dalam  wadah  Negara  Kesatuan  Republik  Indonesia.”  Untuk  mewujudkan  visi  tersebut,  Partai  GERINDRA  mengemban  misi  dalam  kehidupan  berbangsa  dan  bernegara  antara  lain  :  
  

1. Mempertahankan  kedaulatan  dan  tegaknya  Negara  Kesatuan  Republik  Indonesia  yang  berdasarkan  Pancasila  dan  UUD  1945.  

2. Mendorong  pembangunan  nasional  yang  menitikberatkan  pada  pembangunan  ekonomi  kerakyatan,  pertumbuhan  ekonomi  yang  berkelanjutan,  dan  pemeratan  hasil‐hasil  pembangunan  bagi  seluruh  warga  bangsa  dengan  mengurangi  ketergantungan  kepada  pihak  asing.  

3. Membentuk  tatanan  sosial  dan  politik  masyarakat  yang  kondusif  untuk  mewujudkan  kedaulatan  rakyat  dan  kesejahteraan  rakyat.  

4. Menegakkan  supremasi  hukum  dengan  mengedepankan  praduga  tak  bersalah  dan  persamaan  hak  di  depan  hukum.   


5. Merebut  kekuasaan  pemerintahan  secara  konstitusional  melalui  Pemilu  Legislatif  dan  Pemilu  Presiden  untuk  menciptakan  lapisan  keemimpinan  nasional  yang  kuat.  

  
Prinsip Dasar Partai GERINDRA
  
Dalam  mewujudkan  visi  dan  misi,  Partai  GERINDRA  mengacu  pada  prinsip‐prinsip  dasar  sebagai  berikut  :  
  
1. Prinsip Disiplin
  
Disiplin  merupakan  prinsip  dasar  dari  seluruh  pejuangan  Partai  GERINDRA  dalam  mencapai  tujuan  bersama.  Dengan  disiplin,  seluruh  sumber  daya  terfokus  dan  terorganisir  sehingga  mencapai  usaha  maksimal.  Dalam  mencapai  tujuan  berbangsa  dan  bernegara,  Partai  GERINDRA  senantiasa  mengedepankan  disiplin  dalam  setiap  gerak  dan  langkah.  
  
2. Prinsip Kedaulatan
  
Kedaulatan  merupakan  perwujudan  sejati  dari  sebuah  kemerdekaan,  yang  meliputi  kedaulatan  atas  diri  sendiri,  keluarga,  masyarakat,  bangsa,  dan  negara.  Menghargai  dan  menghormati  kedaulatan  setiap  entitas  merupakan  landasan  penting  dalam  tata  pergaulan  sosial,  politik,  dan  ekonomi  dalam  kehidupan  berbangsa  dan  bernegara.  Partai  GERINDRA  bersikap  dan  bertindak  berdasarkan  penghormatan  dan  penghargaan  terhadap  kedaulatan  setiap  individu  serta  menjaga  dan  mempertahankan  kedaulatan  bangsa.  
  
3. Prinsip Kemandirian
  
Kemandirian  dimaknai  sebagai  bekerja  dan  berkarya  berdasarkan  kemampuan  diri  sendiri  dan  tidak  menggantungkan  diri  pada  bantuanpihak  lain.  Kemandirian  juga  dimaknai  sebagai  manifestasi  dari  kepercayaan  diri  dan  penghargaan  atas  diri  sendiri  serta  menempatkan  setiapindividu  sebagai  entitas  yang  memiliki  kemampuan  dan  karya.  Partai  GERINDRA  bersikap  dan  bertindak  berdasarkan  kemampuan  yang  dimiliki  serta  menghargai  kemandirian  setiap  individu.  
  
4. Prinsip Persamaan Hak
  
Dalam  tata  kehidupan  berbangsa  dan  bernegara,  setiap  individu  memiliki  persamaan  hak  yang  dilindungi  oleh  konstitusi  dan  peraturan  perundangan  yang  berlaku.  Tak  ada  yang  dikecualikan  dan  dibedakan  haknya,  kecuali  dikarenakan  oleh  karya  dan  kerja  individu  itu  sendiri.  Partai  GERINDRA  bersikap  dan  bertindak  dengan  mengedepankan  persamaan  hak  setiap  individu  dan  mengembangkan  sikap  anti  diskrimnasi.  
  
5. Prinsip Kerjasama dan Gotong Royong
  
Sikap  kerjasama  dan  gotong  royong  yang  dilandasi  oleh  penghormatan  atas  kedaulatan,  kemandirian,  dan  
9
persamaan  hak  dalam  mengerjakan  dan  menuntaskan  sebuah  pekerjaan  sejatinya  merupakan  kebutuhan  setiap  manusia  sebagai  makhluk  ssial.  Tidak  ada  individu  yang  bisa  hidup  tanpa  membutuhkan  individu  lain.  Partai  GERINDRA  sangat  menyadari  pentingnya  kerjasama,  karena  itu  dalam  setiap  sikap  dan  tindakan,  Partai  GERINDRA  mengedepankan  dan  mengembangkan  kerjasama  dan  gotong  royong  dengan  entitas  masyarakat  lainnya  sebagai  landasanpergaulan  berbangsa  dan  bernegara.  
  
6. Prinsip Musyawarah
  
Musyawarah  merupakan  ciri  khas  budaya  bangsa  Indonesia  yang  luhur.  Musyawarah  memberikan  penghormatan  kedaulatan  individu  dan  mengedepankan  kepentingan  masyarakat  diatas  kepentingan  pribadi.  Musyawarah  harus  dijadikan  jalan  utama  dalam  memecahkan  setiap  permasalahan  sehingga  tidak  memunculkan  konflik  dan  kebuntuan.  Partai  GERINDRA  menjadi  garda  terdepan  dalam  pelestarian  nilai‐nilai  musyawarah  dengan  mengembangkan  musyawarah  dalam  penyelesaian  permasalahan  bangsa.  

Manifesto Partai Gerindra


  
MANIFESTO  PERJUANGAN   PARTAI  GERAKAN  INDONESIA  RAYA  
  
Pokok-pokok Perjuangan Partai GERINDRA
  
Dalam  rangka  mewujudkan  visi  dan  misi  dengan  berpegang  teguh  pada  nilai  dasar  dan  prinsip  dasar,  Partai  GERINDRA  memiliki  pokok‐pokok  perjuangan  yang  akan  dilaksanakan  dan  diperjuangkan  dalam  berbagai  kebijakan  nasional  secara  konstitusional,  antara  lain  :  
    
1. Bidang Politik
  
Partai  GERINDRA  akan  memperjuangkan  reformasi  sistem  politik  Indonesia  yang  sesuai  dengan  UUD  1945  dan  jati  diri  bangsa.  Sistem  politik  yang  mengarah  pada  demokrasi  liberal  sejak  era  reformasi  perlu  dikoreksi.  Demokrasi  yang  sesuai  dengan  budaya  bangsa  Indonesia  adalah  demokrasi  yang  dipimpin  oleh  hikmat  kebijaksaan  dalam  permusyawaraan  perwakilan.  
  
Demokrasi  liberal  telah  menyebabkan  terjadinya  instabilitas  politik  nasional  yang  kontraproduktif  bagi  pembangunan  bangsa  Indonsia.  Demokrasi  yang  tak  sesuai  dengan  karakter  bangsa  Indonesia  telah  menjauhkan  cita‐cita  kesejahteraan  bagi  rakyat.  Rakyat  semakin  ditinggalkan  dan  menjadi  obyek  perebutan  wacana.  Tapi  realitas  kehidupan  rakyat  yang  sesungguhnya  justru  semakin  terjerat  penderitaan.  
  
Kondisi  ini  semakin  kurang  kondusif  karena  faktor  kepemimpinan  nasional  yang  tidak  kuat.  Lemahnya  kepemimpinan  nasional  merupakan  faktor  penentu  yang  menyebabkan  kemerosotan  kehidupan  bangsa  di  berbagai  bidang,  di  samping  terdapat  faktor‐faktor  lain.  Masa  depan  sebuah  bangsa  dapat  dilihat  dari  kualitas  pemimpinnya.  Baik  pada  visi  yang  dimiliki  maupun  pada  karakter  pribadinya.  Lemahnya  sosok  pemimpin  sebuah  bangsa,  dapat  memunculkan  banyak  dampak  negatif  terhadap  kebijakan  strategis.  
  
Indonesia  memerlukan  kepemimpinan  nasional  yan  kuat  (strong  leadership)  yang  dapat  memulihkan  kehidupan  ekonomi  rakyat  dan  mengangkat  martabat  bangsa  dlam  pentas  internasional.  Karakter  ini  hanya  akan  dimiliki  oleh  pemimpin  yang  lahir  dari  rahim  pergerakan.  Pada  sisi  lain,  kepemimpinan  nasional  Indonesia  mendatang  adalah  kepemimpinan  yang  secara  ideologis  dapt  dipertanggungjawabkan  dalam  arti  mengayati,  mengamalkan,  dan  memelihara  eksistensi  Pancasila  dan  UUD  1945  sebagai  amanat  dan  cita‐cita  suci  bangsa  yang  dinyatakan  dalam  Proklamasi  17  Agustus  1945.  
  
Kepemimpinan  nasional  Indonesia  harus  mempunyai  kemampuan  dan  pengalaman  manajemen  pembangunan  sehingga  Indonesia  dapat  dijalanan  secara  terencana,  terukur,  terkendali,  dan  terarah.  Sumber  daya  alam  Indonesia  harus  dimanfaatkan  secara  bijaksana  untuk  sebesar‐besar  kemakmuran  rakyat.  Apalagi  dunia  akan  menghadapi  krisis  pangan  dan  energi  yang  dapat  memicu  resesi.  
  
Kepemimpinan  nasional  Indonesia  mendatang  secara  politik  harus  memiliki  kemampuan  bertindak  dan  memutuskan  dengan  paramater  Panasila  dan  UUD  1945  serta  kepentingan  nasional  dan  rakyat  Indonesia.  Sehingga  memberi  kejelasan  kepada  rakyat  ke  arah  mana  bangsa  Indonesia  melangkah.  Kepemimpinan  nasional  Indonesia  mendatang  harus  dapat  memberikan  kemantapan  secara  ideologis  dan  politis  kepada  rakyat  dan  tidak  membiarkan  rakyat  berdiri  di  ambang  keraguan  menghadapi  tantangan‐tantangan  baik  dari  dalam  maupun  luar  negeri.  
  
Kepemimpinan  nasional  Indonesia  harus  mampu  menyerap  aspirasi  masyarakat  dalam  bidang  demokrasi  pada  satu  sisi,  dan  menjaga  eksistensi  Negara  Kesatuan  Republik  Indonesia  (NKRI)  pada  sisi  yang  lain.  Cita‐cita  demokrasi  harus  dilaksanakan  di  dalam  kerangka  keutuhan  NKRI.  Kepimimpinan  nasional  Indonesia  mendatang  harus  mempunyai  komitmen  menjaga  moral  bangsa,  dan  mengutamakan  kepentingan  bangsa  di  atas  kepentingan  lainnya.  
Untuk  menciptakan  kepemimpinan  nasional  seperti  dimaksud,  partai  politik  memiliki  peran  penting.  Partai  politik  adlah  sarana  rekrutmen  kepemimpinan  nasional  yang  mampu  menhantarkan  Indonesia  ke  gerbang  kemakmuran  yang  berkedilan.  Institusionalisasi  partai  melalui  pengakaran  basis  akar  rumput,  penguatan  legitimasi,  pembuatan  aturan  main,  dan  peningkatan  kemampuan  partai  dalam  pemerintahan  menjadi  prasyarat  dasar  bagi  partai  politik  yang  kuat  yang  dapat  menghasilan  kepemimpinan  nasional  yang  kuat  dan  legitimate.  
  
Partai  GERINDRA  akan  memperjuangkan  tatanan  politik  nasional  yang  sesuai  dengan  amanat  konstitusi,  UUD  1945.  Yakni,  penerapan  sistem  pemerintahan  presidensil  murni,  kemandirian  dan  keterkaitan  fungsional  antara  lembaga  tinggi  negara  yang  sehat  dan  tidak  saling  menjatuhkan,  serta  pembenahan  lembaga,  badan,  atau  komisi  yang  dibentuk  dan  tidak  sesuai  dengan  UUD  1945.   Dalam  pandangan  Partai  GERINDRA,  sistem  dan  tatanan  politik  yang  diamanatkan  oleh  UUD  1945  yang  dilaksanakan  secara  konsekuen.  
  
Terkait  dengan  pelaksaan  demokrasi  yang  memberikan  kebebasan  sebebas‐bebasnya,  kini  bangsa  kita  tengah  menghadapi  pilihan,  mana  yang  diutamakan,  kemakmuran  rakyat  atau  kebebasan  yang  sebebas‐bebasnya.  Menghadapi  pilihan  itu,  Partai  GERINDRA  akan  mengutamakan  kemakmuran  rakyat  sesuai  amanat  Pembukaan  UUD  1945.  Demokrasi  dan  kebebasan  hanya  merupakan  salah  satu  alat,  sedang  tujuan  utama  kita  berbangsa  dan  bernegara  adalah  kemakmuran  rakyat.  
  
2. Bidang Ekonomi
  
Kebijakan  perekonomian  harus  mendukung  cita‐cita  welfare  state  (negara  kesejahteraan)  yang  berkeadilan.  Untuk  itu  diperlukan  langkah  yang  tepat  untuk  menormalisasi  kehidupan  ekonomi  rakyat  dengan  kembali  memperjuangkan  paham  ekonoi  kerakyatan.  
  
Sejak  era  Orde  Baru,  ekonomi  Indonesia  cenderung  berwatak  kapitalistik.  Meskipun  tumbuh  dengan  stabil,  pemerataan  masih  menjadi  isu  utama.  Angka  kemiskinan  absolut  dan  pengangguran  memang  berhasil  dikoreksi  dengan  baik,  namun  liberalisasi  ekonomi  pada  tahun  1980‐an  telah  menyebabkan  Indonesia  rentan  terhadap  krisis  ekonomi.  Krisis  ekonomi  1997‐1998  merupakan  buah  liberalisasi  yang  didorong  oleh  kekuatan‐kekuatan  organisasi  dana  moneter  internasional  (IMF)  sehingga  pembangunan  Indonesia  mengalami  kemunduran  bertahun‐tahun.  
  
Keadaan  ekonomi  di  era  reformasi  bertambah  buruk.  Identitas  liberal‐kapitalistik  semakin  nyata  dan  terbukti  dengan  berbagai  produk  aturan  yang  liberal.  Kendali  kebijakan  ekonomi  tetap  di  tangan  ekonom  yang  bermazhab  neoliberal  yang  memasarkan  resep  Konsensus  Washington  dengan  pivatisasi,  liberalisasi  dan  deregulasi.  Privatisasi  dilakukan  dengan  menjual  Badan  Usaha  Milik  Negara  (BUMN)  kepada  pihak  asing.  Kemudian  peran  pemerintah/negara  dalam  ekonomi  semakin  dikikis  dan  diserahkan  pada  mekanisme  pasar  sebebas‐bebasnya  karena  dianggap  distorsi  terhadap  pasar.  Liberalisasi  dilakukan  dengan  menghilangkan  proteksi  dan  subsidi.  Selanjutnya,  investasi  asing  masuk  dengan  fasilitas  yang  mudah  dan  luas  tanpa  kendali.  
  
Keadaan  ini  telah  menciptakan  dominasi  asing  dalam  kepemilikan  unit  ekonomi.  Ekonomi  rakyat  makin  tersisih.  Siapa  yang  kuat,  dialah  yang  menang.  Terjadi  kesenjangan  antara  yang  miskin  dan  yang  kaya,  tidak  ada  pemerataan.  Pembangunan  ekonomi  hanya  dinikmati  segelintir  orang.  
Sistem  ekonomi  liberal‐kapitalistik  harus  dikoreksi  karena  gagal  mensejahterakan  rakyat.  Partai  GERINDRA  memperjuangkan  ekonomi  kerakyatan.  Kebijakan  perekonomian  harus  berdasar  pada  UUD  1945  pasal  33  ayat  (1),  (2),  dan  (3),  sebagai  ruh  dari  setiap  kebijakan  ekonomi.  Karena  itu  kepemilikan  negara  terhadap  alat‐alat  perekonomian  dan  kekayaan  yang  menyangkut  hajat  hidup  orang  banyak  harus  tetap  dipertahankan,  dan  diusahakan  pengembalian  seluruh  alat‐alat  perekonomian  dan  kekayaan  yang  telah  berpindah  kepemilikan  terutama  yang  erat  kaitannya  dengan  keamanan  nasional.  
  
Partai  GERINDRA  akan  mengembangkan  koperasi  sebagai  bangunan  ekonomi  yang  ideal  pada  dataran  mikro  dan  makro.  Koperasi  merupakan  soko  guru  perekonomian,  sebagai  prinsip  dasar  susunan  perekonomian  Indonesia.  Koperasi  merupakan  bentuk  nyata  dari  usaha  bersama  yang  berdasarkan  atas  asas  kekeluargaan.  Koperasi  harus  dihidupkan  dan  digerakkan  sebagai  usaha  bersama  untuk  kesejahteraan  bersama.  Partai  GERINDRA  menempatkan  koperasi  sebagai  model  ideal  susunan  perekonomian  Indonesia  dengan  sebuah  harapan  yang  kuat  untuk  enghilangkan  corak  individualistik  dan  kapitalistik  dari  wajah  perekonomian  Indonesia.  
  
Sebagai  negara  agraris,  prioritas  pembangunan  ekonomi  harus  lebih  banyak  dicurahkan  pada  sektor  pertanian,  sebagai  sektor  profesi  terbesar  bangsa  ini.  Dalam  konteks  ini  diperlukan  penataan  untuk  menyelesaikan  masalah‐masalah  klasik  di  sektor  pertanian  seperti  pengadaan  pupuk,  benih,  lahan,  infrastruktur,  modal  dan  pemasaran  hasil  pertanian.  Kebijakan  terintegrasi  yang  berpihak  pada  petani  akan  menjadikan  sektor  pertanian  Indonesia  maju  dan  sebagai  bangsa  kita  akan  berdaulat  secara  pangan.  
  
Potensi  ekonomi  lain  yang  perlu  mendapat  perhatian  adalah  sektor  kelautan.  Tiga  perempat  wilayah  Indonesia  merupakan  lautan  dengan  garis  pantai  terpanjang  setelah  Kanada.  Identitas  kita  sebagai  negara  maritim  perlu  diperkuat  dengan  menjadikan  laut  sebagai  lahan  penghidupan  rakyat.   
  
Perlu  ditata  ulang  hubungan  petani  dan  tanah,  hubungan  pekerja  dan  industri,  hubungan  penjaja  dan  pasar,  hubungan  nasabah  dan  perbankan.  Dunia  usaha  harus  digairahkan.  Pemerintah  melindungi  dunia  usaha.  Monopoli  harus  dicegah,  baik  dalam  sektor  industri  maupun  ditribusi.  Pertumbuhan  dan  perkembangan  dunia  usaha  harus  dilindungi  dari  praktek  monopoli  dan  konglomerasi.  
  
Tak  dapat  dihindari  pembangunan  membutuhkan  biaya.  Penerimaan  negara  dari  pajak  harus  lebih  ditingkatkan  dengan  memberikan  keprcayaan  kepada  wajib  pajak  bahwa  dana  pajak  akan  diembalikan  untuk  pembangunan.  Selama  ini  biaya  pembangunan  sedikit  banyak  tergantung  pada  pinjaman  lunak  dan  hibah.  Mekanisme  hutang  luar  negeri  yang  sering  digunakan  pemerintah  sebagai  sumber  pembiayaan,  telah  menjadi  kebiasaan  buruk.  Hutang  telah  menjadikan  negara  ini  tidak  berdaulat  secara  ekonomi.  Setiap  kebijakan  ekonomi  pemerintah  tak  lepas  dari  kontrol  asing  sebagai  donatur.  
  
Indonesia  harus  mengurangi  ketergantungan  pada  hutang  luar  negeri.  Sumber‐sumber  pembiayaan  dari  dalam  negeri  diutamakan  antara  lain  dengan  pengelolaan  sumber  daya  alam  yang  berpihak  pada  kepentingan  nsional.  Karena  itu,  perlu  renegosiasi  (peninjauan  ulang)  terhadap  kontrak  karya  di  berbagai  bidang  seperti  pertambangan  yang  tidak  menguntungkan  kepentingan  rakyat.  Partai  GERINDRA  menolak  peminjaman  hutang  luar  negeri  baru  karena  akan  menambah  beban  rakyat  melalui  APBN.   
  
Hal  lain  yang  perlu  dilakukan  adalah  penarikan  modal  asing  ke  dalam  negeri  melalui  Penanaman  Modal  Asing  (PMA)  di  luar  sektor‐sektor  hilir  (bukan  terkait  kekayaan  alam).  Untuk  itu  diperlukan  stabilitas  politik,  kepastian  hukum,  dan  jaminan  keberlangsungan  produksi  termasuk  tersedianya  pekerja  yang  berkualitas.  PMA  perlu  diatur  sehingga  mendukung  pembangunan  bukan  menguasai  ekonomi  nasional.  
  
Partai  GERINDRA  mendukung  dunia  usaha  dengan  menciptakan  iklim  usaha  yang  kondusif  bagi  berkembangnya  wirausaha/wiraswasta  (enterpreneur)  khususnya  usaha  kecil  dan  menengah.  Wujud  dukungan  tersebut  termasuk  kredit  mikro  dan  pengurangan  junlah  izin  dan  aturan  yang  dapat  menghambat  investasi  dan  duniausaha.  Birokrasi  pemerintahan  harus  dikurangi  agar  iklim  usaha  yang  kondusif  dapat  tercipta.  
  
Sementara  itu,  globalisasi  berwatak  neoliberal  yang  kini  melanda  dunia,  perlu  disikapi  secara  kritis.  Di  bidang  ekonomi,  globalisasi  belum  menguntungkan  negara‐negara  berkembang  termasuk  Indonesia.  Perdagangan  dunia  tetap  dikuasai  negara‐negara  maju  tertentu.  Dalam  globalisasi  dan  perdagangan  bebas,  Indonesia  hanya  menjadi  pasar,  obyek  dari  sebuah  sistem  ekonomi  dunia  yang  tidak  berimbang.  Karenanya,  Partai  GERINDRA  senantiasa  berpegang  teguh  pada  kepentingan  rakyat  dan  bangsa  Indonesia,  dan  menolak  setiap  sistem  ekonomi  yang  jelas‐jelas  merugikan  dan  menyengsarakan  rakyat.  
  
Partai  GERINDRA  menolak  bentuk  liberalisasi  perdagangan  seraya  mengedepankan  kebijakan  proteksi  bagi  komoditas  perdagangan  dalam  negeri.  Kebijakan  liberalisasi  perdagangan  yang  kini  diterapkan  Indonesia  baik  dalam  hubungan  bilateral  maupun  multilateral,  berpangkal  pada  kontrol  kuasa  ekonomi  asing  terhadap  Indonesia.  Indonesia  dan  negara‐negara  berkembang  dipaksa  mencabut  subsidi  terhadap  berbagai  komoditas  strategis  sehingga  memungkinkan  bagi  produk  yang  akan  daang  dari  negara  lain,  dalam  hal  ini  negara  maju  seperti  AS  dan  Uni  Eropa,  bisa  bersaing  bebas.  Namun  di  sisi  lain,  negara‐negara  maju  tersebut  menerapkan  kebijakan  subsidi  bagi  produksi  komoditas  mereka  untuk  melindungi  kepentingan  mereka  sendiri.  Partai  GERINDRA  mendukung  dilakukannya  peninjauan  kembali  terhadap  undang‐undang  yang  syarat  kepentingan  asing  seperti  UU  Penanaman  Modal  dan  UU  Migas.  
  
Terkait  privatisasi,  Partai  GERINDRA  menolak  kebijakan  privatisasi  atas  BUMN.  BUMN  sebagai  organ  taktis  bisnis  negara  memiliki  peran  yang  signifikan  dalam  menambah  pemasukan  negara  serta  pelayanan  kepada  asyarakat.  Eksistensi  BUMN  merupakan  wujud  kedaulatan  ekonomi  Indonesia  dalam  mengelola  sumber  daya  produksi  yang  ada  di  negara  ini.  BUMN  harus  efisien,  efektif,  dan  bukan  menjadi  sapi  perah  dari  korupnya  struktur  birokrasi  negara.  Karena  itu,  BUMN  harus  dikelola  oleh  manajemen  yang  profesional  dan  tidak  menjadi  tempat  penampungan  penempatan  politik.  
  
Partai  GERINDRA  menyetujui  partisipasi  modal  swasta,  modal  dalam  negeri  maupun  asing,  di  dalam  susunan  modal  perseroan‐perseroan  BUMN,  berupa  investasi  pasif  (portfolio  investment).  Dengan  demikian,  BUMN  yang  memerlukan  tambahan  modal  akan  tetap  dikendalikan  oleh  pemerintah  selaku  pemegang  saham  penentu  (controlling  shareholder)  dan  saham  pemerintah  merupakan  “Golden  Share”.  Pemodal  swasta  dalam  negeri  maupun  asing  tetap  sebagai  investor  pasif.  
  
Partai  GERINDRA  menuntut  adanya  pengajuan  penghapusan  hutang  luar  negeri  yang  dikorup  (odius  debt).  Hutang  luar  negeri  adalah  sumber  masalah.  APBN  yang  seharusnya  digunakan  untuk  kesejahteraan  umum,  dialokasikan  membayar  hutang.  Sementara  alokasi  lain  seperti  pendidikan  dan  kesehatan  mendapat  jatah  yang  kecil.  Padahal  kebijakan  peminjaman  hutang  oleh  pemerintah  pun  seringkali  tidak  tepat  guna  bahkan  banyak  dikorupsi  para  pejabatnya  sediri.  Permohonan  penghapusan  hutang  luar  negeri  merupakan  cara  legal  dan  sah  untuk  mengurangi  beban  hutang  dan  tak  akan  membuat  cutr  buruk  Indonesia  di  dunia  Internasional.  Cara  ini  dilakukan  negara‐negara  lain.  Karena  itu,  langkah  penghapusan  hutang  luar  negeri  yang  dikorup  adalah  langkah  strategis  agar  penggunaan  APBN  sebagai  dana  rakyat  bisa  makimal  untuk  kesejahteraan  rakyat.  
  
Partai  GERINDRA  memandang  perlunya  Garis‐Garis  Besar  Haluan  Negara  (GBHN)  sebagai  perencanaan,  arah  dan  ukuran  pembangunan  ekonomi.  Amandemen  UUD  1945  (1999‐2002)  telah  menyederhanakan  tugas  MPR  dengan  tidak  diberikan  wewenang  dalam  menyusun  GBHN.  Lebih  buruk  lagi,  penyusunan  GBHN  tidak  dilimpahkan  kepada  Lembaga  Tinggi  Negara  manapun.  Sehingga  pembangunan  ekonomi  Indonesia  berjalan  tanpa  perencanaan  jangka  panjang.   
  
3. Bidang Kesejahteraan Rakyat
  
Jumlah  penduduk  miskin  Indonesia  (penduduk  yang  berada  dibawah  Garis  Kemiskinan)  masih  relatif  tinggi  baik  menurut  ukuran  BPS  maupun  standar  internasional.  Sebagian  besar  penduduk  miskin  tinggal  di  daerah  pedesaan.  Jumlah  pengangguran  pun  tetap  tinggi.  Kondisi  ini  diperparah  dengan  kenaikan  harga  bahan  bakar  minyak  (BBM)  yang  berdampak  langsung  pada  peningkatan  jumlah  penduduk  miskin  dan  pengangguran.  
  
Kemiskinan  dan  pengangguran  masih  menjadi  permasalahan  besar  bagi  bangsa  ini.  Bahkan  di  era  reformasi,  kemiskinan  sudah  berubah  wujud  menjadi  bentuk  kemiskinan  yang  sistemik.  Dalam  hal  ini  kemiskinan  adalah  hasil  dari  kegagalan  pemerintah  dalam  mengatur  negara.  
  
Kesejahteraan  rakyat  masih  jauh  dari  harapan.  Penciptaan  lapangan  kerja  harus  ditingkatkan  sehingga  tingkat  pengangguran  dapat  ditekan.  Penurunan  angka  pengangguran  dan  kemiskinan  merupakan  komitmen  dan  kerja  bersama  seluruh  komponen  bangsa.  Partai  GERINDRA  menjadi  garda  terdepan  dalam  upaya  penciptaan  lapangan  kerja  dan  pengentasan  kemiskinan.  
  
Sementara  itu,  petani,  warga  terbesar  di  republik  ini,  dengan  hanya  memiliki  lahan  rata‐rata  0.3  hektar  telah  dihimpit  oleh  kemiskinan  struktural.  Nilai  tukar  petani  (term  of  trade)  yang  fluktuatif  menyebabkan  pendapatan  para  petani  tidak  mencukupi  untuk  meningkatkan  kesejahteraan.  Partai  GERINDRA  akan  mengedepankan  kebijakan  pembangunan  yang  pro  petani  untuk  mengikis  kemiskinan  struktural  dan  melindungi  ptani  yang  termarjinalisasi  akibat  proses  pembangunan.  
Nelayan  pun  senantiasa  hidup  dalam  lingkaran  kemiskinan  tak  berujung.  Akses  terhadap  permodalan  yang  minim,  penggunaan  teknologi  penangkapan  ikan  yang  masih  tradisional,  serta  keberpihakan  pemerintah  yang  minim  pada  sektor  perikanan  dan  kelautan,  menjadi  rangkaian  simpul  kemiskinan  yang  selalu  mendera  nelayan.  Partai  GERINDRA  akan  secara  bersungguh‐sungguh  meningkatkan  harkat  dan  martabat  petani  dan  nelayan  dari  kubangan  kemiskinan  dengan  menyediakan  akses  permodalan  yang  brsahabat  dengan  petani‐nelayan  dan  mendukung  modernisasi  teknologi  pertanian  dan  penangkapan  ikan.  
  
Partai  GERINDRA  juga  memperjuangkan  kelompok  masyarakat  yang  terpinggirkan  seperti  PNS  honorer,  guru  bantu,  dan  para  buruh  pabrik  yang  penghasilannya  masih  dibawah  upah  minimum.  Bagi  PNS  honorer  dan  guru  bantu,  kejelasan  status  dan  peningkatan  pendapatan  merupakan  agenda  utama  yang  harus  dilaksanakan.  Sementara  bagi  para  buruh,  jaminan  pendapatan  diatas  upah  minimum  serta  perlindungan  keselamatan  dan  kesehatan  kerja  menjadi  kepedulian  utama  Partai  GERIDRA.  
  
Selanjutnya  kelompok  fakir  miskin,  penyandang  cacat,  anak  terlantar,  dan  usia  lanjut,  merupakan  kelompok  masyarakat  yang  harus  mendapat  perhatian  dan  perlindungan  negara.  Partai  GERINDRA  memandang  bahwa  kelompok  masyarakat  dimaksud  bukan  merupakan  beban  tetapi  tenaga  potensial  yang  harus  diberdaykan  secara  sosial  dan  ekonomi  sehingga  berdaya  guna  bagi  diri  sendiri,  keluarga  dan  masyarakat.  
  
Kebijakan  terkait  dengan  kesejahteraan  rakyat  yang  selama  ini  diimplementasikan  oleh  pemerintah  cenderung  bersifat  temporer,  kuratif,  dan  sumbangan  (charity).  Pemberian  bantuan  langsung  tunai  (BLT)  misalnya,  lebih  merupakan  akibat  dari  kenaikan  harga  BBM  yang  cenderung  bersifat  amal  dan  tidak  mendidik  masyarakat  miskin.  Bagi  Partai  GERINDRA  pembagian  BLT  harus  diformulasikan  melalui  penciptaan  lapangan  kerja  padat  karya  di  lingkungan  kelompok  mskin  dimana  yang  bekerja  dan  mendapat  upah  adalah  kelompok  miskin  penerima  BLT.  Partai  GERINDRA  berpendirian  bahwa  masyarakat  miskin  harus  dijadikan  subyek  yang  harus  membebaskan  diri  dari  kemiskinan.  
  
Selain  itu,  untuk  mensejahterakan  rakyat,  Partai  GERINDRA  berkomitmen  menjamin  hak‐hak  tiap  individu  dan  keluarga  dalam  memperoleh  pendapatan  minimum  yang  layak  dan  sesuai  agar  mampu  memenuhi  kebutuhan  pokok.  
  
Partai  GERINDRA  berjuang  mendorong  adanya  perlindungan  sosial  secara  sistemik  jika  individu  dan  keluarga  berada  dalam  situasi  rwan  sehingga  rakyat  pada  akhirnya  mampu  menghadapi  social  contingencies,  seperti  lanjut  usia,  sakit,  menganggur,  dan  kemiskinan  yang  berdampak  mengarah  pada  krisis  sosial.  Partai  GERINDRA  juga  bersikap  sama  terhadap  setiap  warga  negara  untuk  bisa  memperoleh  akses  pelayanan  sosial  dasar,  seperti  pendidikan,  kesehatan,  pemenuhan  gizi  bagi  balita,  sanitasi,  dan  air  bersih  tanpa  adanya  pembedaan  status  dan  kelas  sosial.  
  
Partai  GERINDRA  akan  mengembangkan  kembali  Program  Keluarga  Berencana  (KB)  sebagai  salah  satu  instrumen  pengendalian  penduduk.  Ledakan  penduduk  merupakan  salah  satu  masalah  dasar  kemiskinan  dan  pengangguran.  Perkembangan  penduduk  yang  tak  terkendali  akan  mengganggu  persediaan  pangan  yang  dapat  berakibat  pada  kelaparan,  gizi  buruk  dan  rendahnya  kualitas  sumber  daya  manusia  Indonesia.  
   
4. Bidang Pertanian, Perikanan dan Kelautan
  
Pembangunan  ekonomi  dititikberatkan  pada  pembangunan  sektor  pertanian,  sektor  yang  merupakan  mata  pencaharian  sebagian  besar  penduduk  Indonesia.  Pembangunan  pertanian  dilakukan  melalui  pendekatan  menyeluruh  dari  hulu  hingga  hilir,  ada  keterkaitan  antar  usaha  pertanian  serta  antar  sektor  menuju  kerjasama  saling  menguntungkan.  
  
Kondisi  saat  ini  belum  adil,  subsistem  produksi  (on  farm)  masih  menjadi  mata  rantai  terlemah.  Petani  sebagai  produsen  masih  dihadapkan  pada  permasalahan  ketersediaan  input  (benih,  pupuk,  obat‐obatan  dan  lain‐lain)  dengan  harga  terjangkau.  Sementara  itu  petani  juga  menghadapi  resiko  produksi  sebagai  konsekuensi  atas  ketergantungan  kepada  alam,  dan  resiko  harga.  Dengan  kondisi  ini,  petani  sulit  mencapai  produktivitas  dalam  upaya  meningkatkan  taraf  hidup.  Sampai  saat  ini  nilai  tukar  petani  masih  rendah  dan  petani  belum  banyak  ikut  menikmati  peningkatan  nilai  tambah  produk  pertanin.  Karena  itu,  pembangunan  pertanian  dengan  strategi  pendekatan  sistem  agribisnis  masih  harus  terus  ditingkatkan.  Partai  GERINDRA  akan  berusaha  mendorong  lembaga  keuangan  untuk  mendukung  pengembangan  dan  pembangunan  sektor  pertanian,  khususnya  sektor  usaha  tani.  
  
Pembangunan  pertanian  diarahkan  untuk  kebijakan  yang  berpihak  pada  pertanian,  pelayanan  penyuluhan,  penyediaan  infrastruktur  yang  memadai,  kebijakan  pertanahan  yang  berkeadilan,  kemudahan  akses  permodalan,  serta  upaya  pemerataan  nilai  tambah  sebagai  upaya  meningkatkan  nilai  tukar  petani  menuju  kemakmuran  petani.  
  
Sektor  perikanan  dan  kelautan,  seperti  halnya  pertanian,  merupakan  sektor  yang  banyak  menyerap  tenaga  kerja.  Sektor  ini  memiliki  potensi  besar  dan  bisa  menjadi  modal  utama  pembangunan  bangsa.  Ironisnya  potensi  besar  ini  justru  dieksploitasi  oleh  bangsa  dan  negara  lain,  dengan  melakukan  penangkapan  ikan  ilegal  (illegal  fishing)  di  perairan  Indonesia.  
  
Pembangunan  sektor  perikanan  dan  kelautan  difokuskan  dengan  membangun  nelayan  sebagai  subyek  utama.  Partai  GERINDRA  menilai  pembangunan  kedua  sektor  akan  berhasil  dengan  memberdayakan  kelompok  nelayan.  Pemberdayaan  nelayan  dilakukan  dengan  memberikan  akses  permodalan  yang  memadai  dan  memahami  karakterisitik  nelayan  serta  memordnisasi  teknologi  penangkapan  ikan.  
  
Dengan  sumber  daya  perikanan  dan  kelautan  yang  melimpah  dan  belum  dimanfaatkan  secara  maksimal,  pemerinatah  harus  melindungi  dan  melakukan  penindakan  hukum  secara  tegas  terhadap  segala  bentuk  illegal  fishing  yang  dilakukanpihak  asing.  Upaya  ini  sejatinya  menegakkan  kedaulatan  laut  Indonesia.  
  
Partai  GERINDRA  memperjuangkan  perlindungan  petani  dan  nelayan  beserta  komoditinya.  Perlindungan  dilakukan  sebagai  bentuk  penghargaan  atas  jasa  dan  pentingnya  keberadaan  petani  dan  nelayan.  Bagi  Partai  GERINDRA,  profesi  petani  dan  nelayan  adalah  profesi  mulia  yang  menjadi  tulang  punggung  ketahanan  pangan  dan  kedaulatan  pangan  nasional.  
  
  
5. Bidang LIngkungan Hidup dan Kehutanan
  
Pemanasan  global  (global  warming)  merupakan  permasalahna  penting  yang  menentukan  keberlangsungan  hidup  umat  manusia  di  muka  bumi  ini.  Hal  ini  disebabkan  oleh  pengelolaan  lingkungan  dan  eksploitasi  sumber  daya  alam  secara  tidak  bertanggung  jawab.  Penebangan  hutan  secara  liar  (illegal  logging)  dan  eksploitasi  sumber  daya  alam  secara  berlebihan  dan  tidak  ramah  lingkungan  menjadi  penyumbang  terbesar  kerusakan  lingkungan.  Secara  akumulatif,  kondisi  ini  menyebabkan  terjadinya  kerusakan  lingkungan  yang  parah  dan  berakibat  terjadinya  bencana  yang  datang  silih  berganti  
  
Partai  GERINDRA  menilai  kurangnya  infrastruktur  serta  lemahnya  kesadaran  atas  kelestarian  alam,  telah  menjadikan  Indonesia  sebagai  negara  penyumbang  kerusakan  hutan  tercepat  di  dunia.  Untuk  itu,  pengelolaan  hutan,  laut  dan  seisinya  harus  dengan  tata  rencana  yang  baik  dan  berkelanjutan  untuk  menghindari  unsur‐unsur  eksploitatif  yang  memicu  kerusakan  alam.  
  
Pengelolaan  sumber  daya  lingkungan  hidup  yang  baik  harus  menyertakan  pemerintah  lokal  dan  masyarakat  adat  setempat  dengan  tetapdiawasi  oleh  pemerintah  pusat.  Hal  ini  selain  memberikan  kontribusi  positif  secara  pemuliaan  alam  juga  berdampak  ekonomis.  Iklim  mengisi  ruang  hidup  kita  baik  secara  individu  maupun  sosial,  karena  itu  menegakkan  keadilan  iklim  harus  melibatkan  kesadaran  dan  komitmen  semua  pihak  dan  mendesak  terciptanya  kebijakan  inustrialisasi  yang  pro‐lingkungan  hidup  serta  melakukan  tindakan  tegas  kepada  pelaku  perusakan  alam.  Partai  GERINDRA  mendukung  kebijakan  disiplin  pengelolaan  hutan  dan  sumber  daya  alam  lainnya  secara  sistemik  sebagai  antisipasidegradasi  lingkungan  hidup.  
  
Partai  GERINDRA  mendukung  segala  upaya  pelestarian  dan  perlindungan  hutan  alam  serta  satwa  liar  yang  merupakan  kekayaan  bangsa.  Hukum  dan  peraturan‐peraturan  yang  berlaku  akan  ditegakkan  secara  tegas  dan  tuntas.  Korupsi  yang  mengakibatkan  kerusakan  lingkungan  hidup  akan  diberantas  secara  menyeluruh.  Penyelundupan  satwa  lair  ke  luar  negeri  akan  dihentikan.  Pencemaran  udara,  laut,  dan  darat,  akan  dipantau  dan  dihentikan.  
  
Dalam  pengelolaan  sektor  kehutanan,  Partai  GERINDRA  juga  akan  mendorong  diberlakukannya  sistem  kehutanan  rakyat.  Yakni  sebuah  sistem  yang  mengedepankan  pemberdayaan  masyarakat  yang  berdasarkan  aturan‐aturan  lokal  yang  disepakati  bersama  oleh  rakyat  itu  sendiri.  Sistem  Hutan  Kerakyatan  tidak  mengarah  hanya  pada  kayu,  namun  pada  pengembangan  pengelolaan  hasil  hutan  non  kayu  sebagai  produk  utama.  Kalaupun  menebang  hutan,  hal  tersebut  hanya  untuk  pemenuhan  kebutuhan  rumah  tangga  dan  komunitas.  Peran  pemerintah  dalam  sistem  hutan  kerakyatan  akan  lebih  pada  dukungan  (fasilitas),  kemitraan,  pembuat  kebijakan  umum  (prinsip‐prinsip)  dan  pengakuan  kawasan  kelola  rakyat.  
  
Partai  GERINDRA  akan  melaksanakan  program  pohon  aren  sebagai  upaya  ramah  lingkungan  sekaligus  menuju  swasembada  energi.  Pohon  aren  dapat  dikembangkan  sebagai  sumber  ethanol.  Pohon  aren  juga  tahan  erosi  dan  dapat  menjadi  sumber  reboisasi  lahan‐;ahan  gundul.  Pengembangan  program  pohon  aren  juga  akan  memperluas  lapangan  kerja.   
  
 
6. Bidang Sosial, Budaya, dan Pendidikan
  
Memelihara  dan  memajukan  peradaban  merupakan  program  jangka  panjang  di  bidang  sosial  budaya.  Kebijakan  sosial  budaya  seharusnya  mampu  menempatkan  peradaban  sebagai  motivasi  penting  dalam  memajukan  bangsa  dan  negara.  Berkat  keluhuran  sistem  nilai  sistem  budaya,  bangsa  Indonesia  mampu  bertahan  dari  berbagai  krisis.  Negara  wajib  melindungi  kekayaan  dan  nilai‐nilai  sosial  budaya  masyarakat  dan  melestarikannya  demi  kesejahteraan  umum.  
  
Kebudayaan  Indonesia  adalah  bagian  dari  kebudayaan  dunia.  Kebudayaan  Indonesia  adalah  hasil  perjalanan  bangsa  Indonesia  yang  telah  membentuk  identitas  dan  jati  diri  bangsa.  Kekuatan  budaya  mempunyai  peran  penting  mengatasi  masalah‐masalah  kebangsaan.  Tanpa  kebudayaan  yang  kuat  dan  berakar,  kita  akan  gamang  menghadapi  globalisasi  dan  masa  depan  yang  kompetitif.  Pembangunan  di  bidang  kebudayaan  merupakan  landasan  bagi  prioses  pembangunan  karakter  dan  bangsa  (character  and  national  building).  
  
Partai  GERINDRA  menilai,  dalam  menghadapi  globalisasi  budaya  yang  ditandai  arus  masuknya  budaya  bangsa  lain,  maka  kita  harus  memperkokoh  budaya  bangsa.  Warisan  budaya  (cultural  heritage)  bangsa  Indonesia  perlu  dilestarikan,  dikembangkan  dan  diperbaharui  agar  dapat  menjadi  penuntun  menuju  masa  depan.  
Di  bidang  pendidikan,  Partai  GERINDRA  mendukung  peningkatan  anggaran  pendidikan  nasional  hingga  20%.  Peningkatan  anggaran  merupakan  konsekuensi  logis  dalam  menciptakan  kesempatan  memperoleh  pendidikan  bagi  seluruh  lapisan  masyarakat  sekaligus  sebagai  sebuah  bentuk  realisasi  dari  tangung  jawab  konstitusi.  Peningkatan  anggaran  harus  ditujukan  untuk  meningkatkan  kualitas  pendidikan  nasional.  
  
Pendidikan  tingkat  menengah  (menengah  tingkat  pertama  dan  menengah  atas)  harus  lebih  dijuruskan  pada  pendidikan  kejuruan  terutama  teknik  dan  ekonomi,  yang  bisa  langsung  terserap  dunia  kerja.  Partai  GERINDRA  mengusung  konsep  pendidikan  siap  pakai  di  tingkat  sekolah  lanjutan,  yang  dapat  menciptakan  lulusan  siap  kerja.  
  
Partai  GERINDRA  akan  memperjuangkan  Wajib  Belajar  12  tahun  sebagai  kelanjutan  Wajib  Belajar  9  Tahun.  Persaingan  global  yang  terjadi  menuntut  tumbuhnya  sumber  daya  manusia  handal,  tidak  hanya  secara  kuantitas,  tapi  juga  kualitas.  Sehingga  Wajib  Belajar  12  Tahun  hingga  jenjang  pendidikan  tingkat  atas,  akan  menjadi  prioritas  Partai  GERINDRA  dalam  meningkatkan  kecerdasan  bangsa.  
  
Selain  mengusung  Wajib  Belajar  12  Tahun,  Partai  GERINDRA  akan  memperjuangkan  peningkatan  kesejahteraan  tenaga  didik  untuk  memajukan  kualitas  pembangunan  pendidikan  di  ndonesia.  Rendahnya  insentif  menjadi  tenaga  didik  telah  menyebabkan  minat  generasi  muda  untuk  meneruskan  mencerdaskan  bangsa  sebagai  tenga  didik,  semakin  menurun.  Selanjutnya,  kualitas  tenaga  didik  Indonesia  semakin  lama  semakin  menurun  pula.   
  
Partai  GERINDRA  juga  mengusung  pembangunan  perpustakaan  daerah  dengan  standar  internasional  di  setiap  kabupaten,  sebagai  upaya  sistemik  membangun  minat  serta  karakter  akademis  masyarakat  Indonesia.  Salah  satu  infrastruktur  terpenting  dalam  mengembangkan  khazanah  akademik  adalah  perpustakaan  yang  menyediakan  berbagai  macam  umber  ilmu.  Perpustakaan  menjadi  pusat  aktivitas  masyarakat,  tidak  hanya  untuk  membaca  atau  berdiskusi,  namun  disana  juga  masyarakat  dapat  mengembangkan  wawasan  serta  bersosialisasi  secara  produktif  dalam  membangun  daerah.  Partai  GERINDRA  memberikan  perhatian  penuh  pada  optimalisasi  fungsi  perpustakaan  untuk  mencerdaskan  kehidupan  bangsa  sehingga  apat  bersaing  dengan  negara‐negara  lain.  
  
Secara  sistemik,  Partai  GERINDRA  akan  memperjuangkan  pembangunan  sistem  pendidikan  yang  humanis,  bukan  sistem  pendidikan  yang  liberal‐kapitalistik.  Partai  GERINDRA  menolak  liberalisasi  di  bidang  pendidikan  yang  dapat  menjadikan  pendidikan  sebagai  awal  dari  startifikasi  sosil.  Pendidikan  merupakan  hak  dasar  masyarakat.  Pendidikan  bukanlah  komoditas  perdagangan  yang  diperjualbelikan,  namun  merupakan  tanggung  jawab  negara  untuk  mencerdaskan  rakyatnya.  Dengan  demikian,  Partai  GERINDRA  akan  meletakkan  kembali  posisi  pengelolaan  pendidikan  di  Indonesia  sebagaimana  yang  telah  diamanatkan  dalam  hauan  UUD  1945.   
  
  
7. Bidang Hukum
  
Indonesia  adalah  negara  hukum,  demikian  naskah  Penjelasan  UUD  1945.  teks  ini  tetap  bersemi  di  hati  rakyat  Indonesia  sebagai  kesepakatan  luhur.  Hukum  menyangkut  kesadaran  hukum  masyarakat,  perangkat  peraturan  perundangan,  dan  aparat  penegak  hukum.  Partai  GERINDRA  memperjuangkan  reformasi  di  bidang  hukum.  Reformasi  hukum  harus  menyentuh  struktur  hukum,  substansi  hukum  dan  budaya  hukum.  
Kelemahan  di  bidang  hukum  terkait  perangkat  peraturan  perundang‐undangan.  Perlu  penataan  kembali  struktur  dan  lembaga‐lembaga  hukum  yang  ada.  Lemahnya  perangkat  peraturan  perundangan  seringkali  akibat  substansi  yang  komprehensif  dan  tidak  konsisten.  Hal  ini  terjadi  karena  tak  ada  keserasian  antar  lembaga  yang  bertanggung  jawab  terhadap  penyusunan  perundang‐undangan,  dan  menonjolnya  kepentingan  kelompok  ketimbang  kepentingan  nasional.  Kenyataan  ini  menunjukkan  tidak  adanya  kepastian  hukum  di  Indonesia.  Untuk  itu  perlu  usaha  keras  melakukan  peninjauan  ulang  terhadap  peraturan‐perundangan  yang  ada  dan  menserasikannya.  
  
Kelemahan  aparat  penegak  hukum  tergantung  pada  kualitas  sumber  daya  manusia  aparatnya.  Di  samping  kurangnya  komitmen  moral,  juga  terlalu  banyak  lembaga  yang  difungsikan  sebagai  aparat  penegak  hukum.  Terjadi  tumpang  tindih  dan  tabrakan  antar  aparat  penegak  hukum.  Karena  itu,  diperlukan  penyederhanaan  dan  penyegaran  aparat  penegak  hukum  sehingga  terjadi  keadilan  dan  persamaan  hak  di  depan  hukum.  Diperlukan  aparat  penegak  hukum  yang  bersih,  profesional  dan  bermartabat.  
  
Partai  GERINDRA  akan  memperjuangkan  terciptanya  tertib  hukum  nasional  yang  mampu  menjamin  kepastian  hukum  bagi  seluruh  rakyat  Idonesia.  Peningkatan  penegakan  hukum  dilakukan  dengan  menyelesaikan  kasus‐kasus  pelanggaran  hukum  dan  mengikutsertakan  rakyat  dalam  penegakan  hukum.  Untuk  itu  perlu  pendidikan  publik  dalam  meningkatkan  pemahaman  masyarakat  terhadap  hukum.  
  
Partai  GERINDRA  memperjuangkan  terselenggaranya  pemerintahan  yang  bebas  dari  korupsi,  kolusi  dan  nepotisme  (KKN)  serta  melakukan  tindakan  hukum  yang  tegas  kepada  pelaku  yang  terlibat  KKN.  Pemberantasan  korupsi  yang  harus  dilakukan  dari  atas  tanpa  pandang  bulu,  tidak  tebang  pilih,  dan  semata‐mata  berdasarkan  penegakan  hukum.  Pemberantasan  korupsi  yang  tebang  pilih  dapat  menyebabkan  tindakan  itu  menjadi  alat  kekuasaan.  Pada  dasarnya  pemberantasan  korupsi  yang  terpentingadalah  dengan  meningkatkan  kesejahteraan  rakyat,  diiringi  perbaikan  sistem  birokrasi  pemerintahan  dan  penegakan  hukum  secara  tegas.  
  
Terkait  kepentingan  nasional  di  bidang  ekonomi,  Partai  GERINDRA  mendesak  dilakukannya  penyesuaian  terhadap  undang‐undang  yang  tidak  sehaluan  dengan  UUD  1945  seperti  Undang‐Undang  Penanaman  Modal,  Undang‐Undang  Migas,  dan  undang‐undang  lainnya  yang  bertentangan  dengan  semangat  ekonomi  kerakyatan.   
  
8. Bidang Hak Asasi Manusia
  
Negara  menegakkan  kemanusiaan  yang  beradab.  Warganegara  terhadap  hukum,  tidak  diperlakukan  sebagai  subyek  yang  secara  potensial  pelaku  perbuatan  pelanggaran  hukum.  Negara  menghargai  kesetiaan  rakyat  terhadap  negara  dan  amal  bakti  warga  terhadap  terhadap  masyarakat  dan  negara.  Warga  negara  harus  menghormati  perjanjian  luhurnya  kepada  negara  sebagai  organisasi.  Siapa  saja  yang  berikrar  menjadi  bagian  dari  organisasi  negara  dengan  sendirinya  harus  menghormati  hak  negara.  Negara  menghormati  hak‐hak  pribadi  warga  negara  ssuai  dengan  hukum.  Hukum  dan  kemanusiaan  tidak  boleh  dipandang  sebgai  dua  substansi  yang  terpisah.  Maka,  adanya  Pengadilan  HAM  merupakan  sesuatu  yang  over  bodig  (berlebihan).  
  
Penghormatan  terhadap  hak‐hak  asasi  manusia  harus  ditempatkan  dalam  perspektif  hukum.  Hukum  disusun  antara  lain  untuk  mengatur  bagaimana  warga  negara  menjalankan  hak‐haknya  sebagai  pribadi.  Hak‐hak  warga  negara  secara  pribadi  tak  dapat  dijalankan  di  luar  hukum.  Negara  sebagai  organisasi  berjalan  sesuai  hukum.  Warga  negara  yang  merasa  hak‐haknya  dilanggar  oleh  negara  dapat  menggugat  negara  dan  pejabatnya  secara  hukum.  
  
Hak‐hak  asasi  manusia  adalah  materi  sistem  hukum.  Jika  hak‐hak  asasi  manusia  belum  secara  lengkap  tercermin  dalam  hukum  positif,  maka  sistem  hukumnya  yang  harus  disempurnakan.  Hal  ini  diperlukan  untuk  menghindari  kerancuan  sistem.  Karena  itu,  diperlukan  klarifikasi  kedudukan  hak‐hak  asasi  manusia  di  satu  pihak,  dan  sistem  hukum  pada  pihak  lain.  
  
Hak‐hak  asasi  manusia  yang  bersifat  universal  seharusnya  mempertimbangkan  partikularisme  budaya  dan  kepentingan  nasional.  Partai  GERINDRA  menolak  dijadikannya  isu  hak‐hak  asasi  manusia  sebagai  instrumen  politik  pihak  asing  untuk  mendikte  dan  campur  tangan  dalam  urusan  domestik  negar  Indonesia.  Standar  ganda  dalam  penerapan  hak‐hak  asasi  manusia  adalah  indikator  isu  hak‐hak  asasi  manusia  hanya  dijadikan  alat  politik  kekuasaan.  
  
Secara  umum,  ruang  lingkup  negara  dalam  pemenuhan  hak  asasi  manusia  terangkai  dalam  tiga  titik  penting,  yaitu  tanggung  jawab  negara  dalam  pemenuhan  hak  sipil  dan  politik,  pemenuhan  hak  ekonomi  sosial  budaya,  dan  pemenuhan  hak  perdamaian  dan  pembangunan.  
Pemenuhan  hak  sipil  dan  politik  terkait  dengan  tanggung  jawab  negara  dalam  pemberian  ruang  yang  adil  bagi  rakyat  untuk  berpartiipasi  dalam  aktivitas  politik,  tidak  ada  diskriminasi  ras  dan  gender,  bahkan  secara  sistemik  perlu  affirmative  action  untuk  meningkatkan  partisipasi  masyarakat  dalam  ruang  politik.  
  
Pemenuhan  hak  ekonomi  sosial  dan  budaya  terkait  dengan  tanggung  jawab  negara  dalam  pemenuhan  hak  atas  pangan,  hak  atas  pekerjaan,  hak  atas  penghasilan  yang  layak,  hak  kesehatan,  hak  membentuk  serikat  pekerja,  dan  hak  atas  jaminan  sosial.   
  
Pemenuhan  hak  perdamaian  dan  pembangunan,  adalah  tanggung  jawab  negara  untuk  memberikan  jaminan  adanya  pembangunan  berkelanjutan  di  setiap  daerah  di  Indonesia,  yang  disertai  dengan  penciptaan  suasana  aman,  damai,  dan  kondusif  di  setiap  wilayah.  
Atas  ketiga  hal  ini,  Partai  GERINDRA  berkomitmen  untuk  berjuang  dalam  pemenuhan  hak‐hak  asasi  manusia  sebagaimana  yang  dimandatkan  dalam  UUD  1945  demi  mewujudkan  kesejahteraan  bagi  seluruh  rakyat  Indonesia.  
  
9. Bidang Pertahanan dan Keamanan
  
Pembinaan  Hankam  harus  diartikan  sebagai  pembinaan  pertahanan  dan  keamanan  tanpa  memisahkan  pengertian  pertahanan  di  satu  pihakdan  keamanan  di  pihak  lain.  Kedua  unsur  itu  tak  dapat  dipisahkan,  tindak  pertahanan  menimbulkan  keamanan.  Perasaan  aman  menguatkan  dasar‐dasar  pertahanan.  Karena  itu  organisasi  Hankam  harus  mencerminkan  keutuhan  pengertian  pertahanan‐keamanan,  dan  bukan  sebaliknya.  
  
Sistem  pertahanan  dan  keamanan  rakyat  semesta  (Sishankamrata)  yang  telah  terbukti  keampuhannya  harus  lebih  dioperasionalkan  yang  didukung  dengan  peningkatan  profesionalisme  Tentara  Nasiona  Indonesia  (TNI)  dan  modernisasi  infrastruktur  Alutsista  (alat  utama  sistem  senjata)  TNI  serta  profesionalisme  Kepolisian  Republik  Indonesia  (Polri).  Di  samping  itu,  manajemen  pertahanan  yang  handal  yakni  dalam  kultur,  struktur  kemanan,  hubungannya  dengan  negara,  anggaran,  doktrin,  postur  dan  operasi,  hubungan  sipil‐militer,  baik  itu  dalam  manajemen  kepolisian  maupun  TNI  harus  mendapat  perhatian  khusus  untuk  mencapai  pertahanan  negara  yang  kuat  dan  kondusif.  
  
Partai  GERINDRA  akan  memperjuangkan  pengembangan  industri  pertahanan  nasional  yang  dapat  memenuhi  kebutuhan  pertahanan  dalam  neeri.  Industri  pertahanan   nasional  yang  kuat  akan  mampu  menjawab  tantangan‐tantangan  masa  depan  terkait  ancaman  militer  dan  non  militer  dari  luar  negeri,  separatisme,  dan  perubahan  geopolitik  yang  dapat  mengancam  kedaulatan  Negara  Kesatuan  Republik  Indonesia.  
  
Dalam  pembinaan  keamanan  dan  penegakan  hukum,  selain  adanya  upaya  aktif  dari  pemerintah,  pembangunan  sektor  ini  juga  mensyaratkan  partisipasi  aktif  masyarakat.  Tidak  hanya  sebagai  obyek,  masyarakat  menjadi  subyek  yang  berperan  melakukan  fungsi  kontrol.  Implikasi  upaya  melibatkan  masyarakat  ke  sektor  keamanan  mensyaratkan  kerangka  aturan  legal  sebagai  bentuk  kontroldemokratik  trhadap  sektor  keamanan,  mekanisme  pengawasan  yang  efektif,  misalnya  melalui  DPR  untuk  mengawasi  anggaran,  operasi  militer  dan  hak  asasi  manusia  (HAM).  
  
Partai  GERINDRA  memiliki  komitmen  dalam  pembenahan  aspek  regulasi  sektor  pertahanan.  Perlu  ada  pembagian  tugas  yang  jelas  antara  TNI  dan  Polri  melalui  penmyelarasan  aturan‐aturan  yang  ada.  Meskipun  sejak  2003  sudah  ada  white  defensepaper,  UU  Pemisahan  TNI‐Polri  (Tap  MPR  No  VII/2000),  namun  masih  terjadi  kerancuan  dalam  UU  No.  3/2002,  yakni  bahwadalam  tugas  militer  masih  disebutkan:  menjaga  rakyat  dari  berbagai  kemungkinan  ancaman.  Hal  ini  pada  akhirnya  menimbulkan  kerancuan  tanggung  jawab  antara  TNI  dan  Polri,  yang  dapat  memperlemah  soliditas  struktural  di  internal  sektor  keamanan.  Pembenahan  regulasi  diperluklan  untuk  menciptakankondisis  pertahanan  yang  kuat  dan  kondusif.  
  
10. Bidang Otonomi Daerah
  
Otonomi  daerah,  yang  merupakan  bentuk  pengaturan  hubungan  Pemerintah  Pusat  dan  Pemerintah  Daerah,  adalah  delegasi  kekuasaan  secara  vertikal  dengan  mengindahkan  genus  kekuasaan  yang  bersifat  tunggal  dan  utuh.  Otonomi  daerah  adalah  kewenangan  administratif  yang  diberikan  kepada  daerah,  dalam  batas‐batas  tertentu  demi  kelancaran  pembangunan,  dan  secara  teknis  menyederhanakan  jalur  birokrasi  vertikal.  Agar  pelaksanaan  otonomi  daerah  tidak  menyimpang  dari  asas  didirikannya  NKRI,  Partai  GERINDRA  akan  melakukan  peninjauan  ulang  terhadap  seluruh  peraturan  perundang‐undangan  yang  tidak  sejalan  dengan  kaidah‐kaidah  otonomi  daerah.  
  
Lemahnya  infrastruktur  daerah  telah  menyebabkan  inefisiensi  dalam  implementasi  otonomi  daerah.  Pembangunan  daerah  tidak  berjalan  sesuai  harapan.  Pemimpin  daerah  menjadi  “raja‐raja”kecil.  Lebih  jauh  dampak  negatif  yang  terjadi  adalah  terdesentralisasinya  korupsi.  Korupsi  yang  sebelumnya  terpusat,  denga  pemberlakuan  otonomi  daerah,  menyebar  ke  daerah  kabupaten/kota  melalui  korupsi  APBD.  Hal  ini  terjadi  karena  lemahnya  profesionalisme  aparat  pemerintah  daerah  ,  lemahnya  fungsi  pengawasan  dan  penegakan  hukum,  dan  kegagalan  konsep  desentralisasi  yang  tak  terkendali.  PartaiGERINDRA  menilai  otonomi  daerah  lebih  efektif  dan  terkendali  jika  sampai  tingkat  provinsi.  
Terkait  masalah  Pemilihan  Kepala  Daerah  (Pilkada)  secara  langsung,  rakyat  semakin  jenuh  terhadap  politik.  Kejenuhan  ini  dapat  dilihat  denga  semakin  besarnya  angka  pemilih  yang  tidak  menggunakan  hak  pilih  (golput)  dalam  Pilkada.  Kejenuhan  ini  berpotensi  negatif  pada  partisipasi  masyarakat  dalam  pemilihan  umum  yang  bermuara  pada  rendahnya  legitimasi  pemeintah.  Selain  itu  Pilkada  telah  menyebabkankonflik  horisontal  dalam  masyarakat  yang  kontraproduktif.  Partai  GERINDRA  akan  melakukan  peninjauan  ulang  terhadap  pelaksanaan  Pilkada  dan  mengupayakan  penyelenggaraan  Pilkada  secara  srentak.  
  
Partai  GERINDRA  akan  melakukan  peninjauan  ulang  terhadap  semua  Peraturan  Daerah  (Perda)  yang  bersifat  diskriminatif  terhadap  kaum  perempuan,  suku,  agama  dan  ras.  Partai  GERINDRA  menjunjung  tinggiprinsip  persamaan  hak  antara  suku,  agama  dan  ras.  Partai  GERINDRA  akan  melawan  semua  Perda  yang  dapat  mengancam  keutuhan  Negara  Kesatuan  Republik  Indonesia.  
  
Partai  GERINDRA  menilai  kehadiran  kebijakan  otonomi  daerah  merupakan  langkah  maju  dalam  tata  pemerintahan  Indonesia.  Namun  otonomi  daerah  yang  berjalan  tanpa  kontrol  pemerintah  pusat  dapat  menyebabkan  ketimpangan  horisontal  antar  daerah.  Daerah  yang  kaya  sumber  daya  alam  berpotensi  maju,  sementara  daerah  yang  minim  potensi  sumber  daya  alam  akan  semakain  terbelakang.  Dengan  bentuk  negara  kesatuan,  semangat  desentralisasi  harus  menemukan  modifikasi  yang  tepat,  sehingga  kesenjangan  daerah  yang  miskin  dan  kaya  bisa  teratasi  dengan  pemerataan  pembangunan  yang  berkeadilan,  untuk  mensejahterakan  seluruh  rakyat  Indonesia.  Partai  GERINDRA  memperjuangkan  pelaksanaan  kebijakan  otonomi  daerah  tetap  berada  dalam  koridor  negara  kesatuan,  dengan  orientasi  luhur  untuk  mencapai  kesejahteraan  bagi  seluruh  rakyat  Indonesia.  
  
11. Bidang Agama
  
Strategi  kebijakan  yang  belum  pernah  mampu  dirumuskan  Indonesia  dalam  masalah  agama  adalah  bagaimana  menempatkan  kehidupan  beraama  di  Indonesia  dalam  format  kemasyarakatan  dan  kenegaraan  Pancasila.  Sehingga  keluhuran  agama  dapat  dipelihara,  dan  kemajuan  bangsa  dapat  sejalan  berkembang.  
  
Setiap  orang  berhak  atas  kebebasan  beragama  dan  menjalankan  ibadah  sesuai  dengan  agama  dan  kepercayaannya.  Negara  menjamin  kemerdekaan  tiap‐tiap  penduduk  untuk  memeluk  agama/kepercayaan.  Namun,  pemerintah/negara  wajib  mengatur  kebebasan  di  dalam  menjalankan  agama  atau  kepercayaan.  Negara  juga  dituntut  untuk  menjamin  kemurnian  ajaran  agama  yang  diakui  oleh  negara  dari  segala  bentuk  penistaan  dan  penyelewenan  dari  ajaran  agama.   
  
Kerukunan  antarumat  beragam  merupakan  modal  dasar  tetap  eksisnya  bangsa  Indonesia.  Pembinaan  kerukunan  dengan  dasar  saling  menghormati  ajaran  agama  masing‐masing  menjadi  prasyarat  terbinanya  kerukunan  antarumat  beragama  yang  kondusif.  Menyadari  pentingnya  agama  dan  kerukunan  antar  umat  beragama,  Partai  GERINDRA  bersikap  senantiasa  menjamin  kebebasan  beragama,  menjaga  kemurnian  ajaran  agama,  dan  membina  kerukunan  antarumat  beragama.  
  
12. Bidang Politik Luar Negeri dan Hubungan Internasional
  
Politik  luar  negeri  dan  hubungan  internasional  harus  diabdikan  untuk  kepentingan  nasional.  Hubungan  bilateral,  multilateral  dan  kedudukan  Indonesia  dalam  organisasi‐organisasi  internasional  harus  didasarkan  pada  kepentingan  nasaional.  Indonesia  harus  menjadi  bangsa  terhormat  dan  bermartabat  dalam  pergaulan  internasional  dan  senantiasa  pro‐aktif  dalam  perdamaian  dunia.  
  
Prinsip  politik  luar  negeri  bebas  dan  aktif  harus  ditempatkan  dalam  konteks  aktual  zaman.  Perubahan‐perubahan  geopolitik  di  tingkat  regional  dan  dunia  menuntut  strategi  diplomasi  yang  handal.  Indonesia  harus  menjadi  subyek  yang  menentukan  sikap  sendiri,  bukan  obyek  dari  pertarungan  politik  internasional.  
  
Partai  GERINDRA  akan  memperjuangkan  politik  luar  negeri  yang  progresif,  yang  dapat  menempatkan  Indonesia  kembali  sebagai  negara  yang  berperan  dan  dihormati  di  Asia  dan  dunia.  Indonesia  harus  mampu  bersaing  dengan  negara‐negara  Asia  seperti  Republik  Rakyat  Cina,  Jepang,  India,  Korea  Selatan  di  bidang  ekonomi.  
Berakhirnya  Perang  Dingin  tidak  dengan  sendirinya  menampilkan  Amerika  Serikat  sebagai  kekuatan  adikuasa  tunggal.  Dunia  menjadi  multipolar.  Ada  berbagai  kakuatan  yang  berpengaruh  dalam  pentas  politik  masyarakat  internasional.  Uni  Eropa  menjanjikan  kemajuan  ekonomi.  Republik  Rakyat  Cina  (RRC)  semakin  menunjukkan  kekuatan  ekonomi,  militer  dan  nuklir.  Republik  Federasi  Rusia,  sejak  di  bawah  pemerintah  Vladimir  Putin  berhasil  membawa  kembali  kehormatan  Rusia  di  bidang  ekonomi  dan  militer.  India  berkembang  pesat  ekonominya  dan  di  bidang  militer  memiliki  kekuatan  nuklir.  Negara‐negara  sosialis  Amerika  Latin  seperti  Venezuela,  Argentina,  Brasil  dan  Bolivia  mempunya  potensi  ekonomi  yang  kuat  dan  berani  menentukan  jalan  sendiri  yang  seringkali  bertentangan  dengan  ebijakan  luar  negeri  Amerika  Serikat.  Negara‐negara  Timur  Tengah  seperti  Saudi  Arabia  sangat  kaya  dan  tangguh  kekuatan  militernya.  Iran  memiliki  potensi  ekonomi  karena  minyak  dan  mengembangkan  teknologi  nuklir.  
  
Tumbuhnya  kekuatan‐kekuatan  baru  ini  memaksa  masyarakat  internasional  kembali  ke  meja  perundingan  sebagai  jalan  terbaik  mencari  penyelesaian  konflk.  Invasi  AS  atas  negara  berdaulat  Irak  terbukti  gagal  dan  telah  menyebabkan  AS  semakin  terkucil  dan  terpuruk  dalam  pergaulan  duna.  
  
Indonesia  harus  dapat  memainkan  peran  dalam  era  baru  internasional.  Nilai  strategis  karena  letak  kedudukan  geografis,  kekayaan  alam,  dan  potensi  sumber  daya  manusia  harus  bisa  menjadi  modal  diplomasi  yang  menguntungkan  kepantingan  nasional.  
  
Partai  GERINDRA  menilai  perlunya  reaktualisasi  politik  luar  negeri  Indonesia  yang  ketinggalan  zaman.  Paradigma  regionalisme  yang  mengantarkan  lahirnya  ASEAN  sudah  menjadi  artefak  sejarah  diplomasi.  Sama  halnya  dengan  Gerakan  Non  Blok  (GNB).  Politik  luar  negeri  Indonesia  ti8dak  boleh  diabdikan  untuk  melayani  adidaya  dan  sekutu‐sekutunya.  Kita  juga  tak  dapat  terus‐menerus  bergantung  pada  “solidaritas”ASEAN  yang  terbukti  nihil  ketika  bertabrakan  dengan  kepentingan  nasional  masing‐masing.  Kasus  lepasnya  Sipadan  Ligitan,  konflik  Ambalat,  negosiasi  ekstradisi  dengan  Singapura  adalah  beberapa  contoh  kegagalan  diplomasi  Indonesia.  Politik  luar  negeri  Indonesia  harus  diabdikan  pada  kepentingan  nasional  dengan  berlandaskan  kekuatan  sendiri  dengan  penentuan  ikap  sendiri  untuk  memperjuangkan  kemerdekaan  sesungguhnya.  
  
Reaktualisasi  politik  luar  negeri  tak  hanya  menyangkut  kebijakan  tapi  juga  sumber  daya  manusia  di  bidang  diplomasi.  Para  diplomat  sebagai  bagian  pelaksana  politik  luar  negeri  harus  memiliki  sifat  kejuangan,  keberanian,  bervisi  jauh  ke  depan  dan  menjaga  kehormatan  bangsa.  Pelaksana  politik  luar  negeri  bukan  jabatan  yang  hanya  merupakan  jenjang  karier  politik  luar  negeri  bukan  jabatan  yang  hanya  mrupakan  jenjang  karier  birokratik,  tetapi  profesionalisme.   
  
13. Bidang Hak-Hak Perempuan
  
Kaum  perempuan  adalah  mayoritas  di  Indonesia.  Perjuangan  untuk  kemajuan  perempuan  diarahkan  untuk  mendapat  pengakuan  yang  sama  dengan  kaum  laki‐laki  di  berbagai  bidang  kehidupan.  Marjinalisasi  dan  diskriminasi  terhadap  perempuan  masih  terjadi.  Perempuan  bukan  warnegara  kelas  dua  yang  dipinggirkan  dan  didiskriminasikan.  Partai  GERINDRA  memperjuangkan  pemberdayaan  perempuan  untuk  ikut  memajukan  bangsa  dan  terbebas  dari  diskriminasi,  ketidakadilan  serta  marjinalisasi.  
  
Faktor  penting  untuk  meningkatkan  kualitas  hidup  perempuan  adalah  pembuatan  kebijakan  publik  yang  sensitif  gender.  Kaum  perempuan  harus  berpartisipasi  aktif  dalam  dunia  politik  dan  pengambilan  kebijakan.  Kurangnya  peran  perempuan  di  sektor  politik  menyebabkan  perempuan  menjadi  obyek  dan  korban.  Kaum  perempuan  juga  harus  mendapat  akses  yang  sama  di  sektor  ekonomi  untuk  meningkatkan  kesejahteraan.  
  
Salah  satu  bentuk  diskriminasi  adalah  kekerasan  berbasis  gender  atau  kekerasan  terhadap  perempuan  di  wilayah  publik  maupun  privt.  Partai  GERINDRA  akan  memperjuangkan  perlindungan  perempuan  dari  kekerasan  seksual,  kekerasan  dalam  rumah  tangga  dan  perdagangan  perempuan  dan  anak  (trafficking).  Partai  GERINDRA  juga  akan  memperjuangkan  hak‐hak  tenaga  kerja  perempuan  di  luar  negeri  untuk  diperlakukan  secara  manusiawi  dan  adil.   
  
Partai  GERINDRA  akan  melawan  tegas  semua  undang‐undang  dan  peraturan‐peraturan  yang  bersifat  diskriminatif  terhadap  perempuan.  Pada  tataran  politik,  kebijakan  anggaran  negara  baik  APBN  maupun  APBD  belum  berpihak  pada  perempuan.  Hal  ini  terlihat  nyata  dari  kuatnya  kecenderungan  sektor‐sektor  pelayanan  publik  seperti  kesehatan,  pendidikan,  dan  penempatan  buruh  migran  yang  tidak  berpihak  pada  perempuan.  Kesehatan  masyarakat  masih  buruk  terutama  kesehatan  perempuan  dan  anak,  angka  putus  sekolah  dan  buta  huruf  pada  perempuan  tetap  tinggi,  dan  angka  kematian  anak  dan  ibu  melahirkan  tetap  tinggi.  Partai  GERINDRA  mendukung  kebijakan  anggaran  pro  perempuan  untuk  meningkatkan  harkat  dan  martabat  perempuan  Indonesia.  
  
14. Bidang Pemuda
  
Pemuda  merupakan  elemen  strategis  dalam  perjuangan  mencapai  maupun  mengisi  kemerdekaan.  Eksistensi  dan  peran  strategis  pemuda  dalam  setiap  babak  sejarah  perjalanan  dan  perkembangan  bangsa  Indonesia  merupakan  hal  yag  tidak  dapat  dipungkiri.  Jejak  langkah  pemuda  senantiasa  tercatat  dengan  tinta  emas  dalam  sejarah  bangsa  Indonesia.  
  
Partai  GERINDRA  sangat  menyadari  dan  menghargai  eksistensi  serta  peran  pemuda  Indonesia.  Pemuda  merupakan  tulang  punggung  bangsa.  Partai  GERINDRA  memposisikan  sebagai  rumah  perjuangan  pemuda  Indonesia  dan  siap  bergandengan  tangan  untuk  menulis  sejarah  masadepan  perjalanan  bangsa.   
  
Salah  satu  isu  terkait  dengan  kepemudaan  dan  perubahan  bangsa  adalah  kepemimpinan.  Pemuda  harus  mempersiapkan  diri  dalam  proses  regenerasi  kepemimpinan  nasional  sehingga  tercipta  proses  sirkulasi  elit  yang  seht,  dinamis,  dan  konstitusional.  Proses  regenerasi  kepemimpinan  merupakan  sebuah  keniscayaan  yang  tak  bisa  dihindari  dan  harus  dipersiapkan  secara  dini  dan  matng.  Dalam  konteks  ini,  Partai  GERINDRA  mendorong  proses  regenerasi  kepemimpinan  bangsa  dan  menjadi  mitra  pemuda  dalam  meningkatkan  kemampuan,  kapasitas,  integritas  dan  kenegarawanan.  Bersama  Partai  GERINDRA,  pemuda  Indonesia  siap  menerima  regenerasi  kepemimpinan  bangsa.  
Pemuda  sebagai  sumber  daya  manusia  (SDM)  yang  sangat  potensial,  juga  dituntut  untuk  senantiasa  meningkatkan  kualitas  dan  kemampuannya  sehingga  memiliki  daya  saing  tinggi.  Pemuda  harus  mempersiapkan  diri  menghadapi  persaingan  global  dengan  pemuda‐pemuda  dari  bangsa  lain.  
  
Pemuda  harus  memiliki  wawasan  global  dan  membuka  diri  dengan  berbagai  dinamika  global  (outward  looking).  Menyadari  pentingnya  kualitas  SDM  pemuda,  Partai  GERINDRA  akan  memperjuangkan  peningkatan  kualitas  sumber  daya  saing  pemuda  Indonesiasebagaiaset  penting  bangsa  dan  kareanya  Partai  Gerindra  memposisikan  diri  sebagai  mitra  pemuda  Indonesia  dalam  meningkatkan  kualitas  dan  daya  saing  pemuda  Indonesa.   
  
15. Bidang Perburuhan
  
Persoalan  perburuhan  selalu  memprihatinkan  baik  terkait  hubungan  dengan  majikan,  upah,  efektivitas  industri  dan  peluang  kerja,  keseimbangan  produksi  dan  konsumsi,  ataupun  jaminan  asuransinya.  Ketidakpuasan  buruh  terhadap  manajemen  kerja  dan  industri  seringkali  diungkapkan  dalam  bentuk  pemogokan,  demonstrasi,  bahkan  sabotase.  Kondisi  ini  tidak  kondusif  bagi  iklim  dunia  usaha  dan  industri  serta  menyebabkan  hilangnya  potensi  investasi  yang  dapat  mencipakan  lapangan  kerja.  
  
Partai  GERINDRA  menilaio  hubungan  buruh  dan  pengusaha  perlu  ditempatkan  sebagai  relasi  yang  seimbang,  saling  menguntungkan  dan  saling  membutuhkan.  Fungsi  dan  status  buruh  dalam  dunia  kerja  harus  dilihat  sebagai  bagian  yang  tak  terpisahkan  untuk  kebeerhasilan  dunia  usaha.  Buruh  bukanlah  pihak  yang  selalu  membutuhkan  dan  harus  menerima  putusan  majikan  apa  adanya.  Sementara  pengusaha  juga  tidak  diposisikan  selalu  mengulurkan  tangan  membuka  kesempatan  kepada  kelompok  buruh.  Hubungan  yang  saling  menguntungkan  didasarkan  pada  profesionalisme  dan  penghargaan  terhadap  kinerja.  Maka  permasalahan  seperti  upah,  jaminan  asuransi,  dan  pemenuhan  hak‐hak  dasar  buruh  lainnya  dapat  diselesaikan  melalui  mekanisme  terbuka  sesuai  aturan  yang  adil.  
  
Partai  GERINDRA  mengusung  pemberdayaan  kelompok  buruh  secara  sistemik,  untuk  memberikan  akomodasi  politik  sebagai  saluran  aspirasi.  Partai  GERINDRA  juga  mendukung  partisipasi  buruh  dalam  manajemen.  Pandangan  yang  selama  ini  menjadikan  buruh  hanya  sebagai  obyek  manajeman  industri,  perludiperluas  agar  buruh  juga  mendapatkan  kesempatan  sebagai  subyek  dalam  manajemen  industri.  Hal  ini  dilakukan  agar  tercipta  sinergi  antara  kelompok  buruh  dan  pengusaha  yang  produktif  dan  berkeadilan,  serta  menghindarkan  adanya  eksploitasi  dari  satu  pihak  terhadap  pihak  yang  lain.  
  
16. Bidang Riset dan Teknologi
  
Sebagai  bangsa  dengan  jumlah  penduduk  yang  sangat  besar,  ketergantungan  pada  bangsa  lain  atas  produk‐produk  berbasis  teknologi  baik  teknologi  tinggi  maupun  teknologi  rendah,  sangat  membahayakan.  Penguasaan  dan  kemandirian  teknologi  harus  segera  dikembangkan  dengan  cara  memilih  teknologi  yang  menyentuh  secara  langsung  asek  kehidupan  bangsa  khususnya  di  bidang  ekonomi,  budaya,  dan  pertahanan.  
  
Penelitian  yang  dikembangkan  oleh  lembaga‐lembaga  negara  harus  diarahkan  pada  prinsip‐prinsip  memajukan  bangsa,  dimulai  dengan  memilih  teknologi  tepat  guna  untuk  membantu  mengembangkan  industri‐industri  lokal  yang  dikel;ola  oleh  Usaha  Kecil  dan  Menengah  (UKM)  untuk  memproduksi  berbagai  barang‐barang  keperluan  masyarakat  sehari‐hari.  
  
Bidang‐bidang  yang  perlu  mendapat  perhatian  sangat  khusus  adalah  bidang  teknologi  pertanian,  teknologi  pangan,  teknologi  industri,  teknologi  informasi,  transportasi,  dan  pengembangan  energi  alternatif  sepert biofuel,  ethanol  dari  aren  dan  coal‐to‐liquid.   
 
Penutup
  
Manifesto  Perjuangan  partai  GERINDRA  ini  menjadi  pegangan  dasar  bagi  pengurus  di  setiap  jenjang  kepengurusan,  anggota,  dan  kader.  Manifesto  Perjuangan  ini  juga  merupakan  kerangka  kerja  bagi  Partai  GERINDRA  dalam  berpolitik  dan  menjadi  persembahan  bagi  seluuh  rakyat  dan  bangsa  Indonesia.